Free Momo Cursors at www.totallyfreecursors.com

Citra Diri Instruktur


Cara pandang terhadap diri sendiri akan menentukan sikap tingkah laku yang anda tampilkan. Dengan demikian akan nampak pada penampilan anda ,sehingga menimbulkan kesan /citra dimata orang lain. Karena kesan yang ingin anda dapatkan dari orang lain cenderung meresahkan anda.penting sekali anda membangun konsep diri positif sebelum menginginkan citra positif dari orang lain. Pertama ,Fahami Arti dan Makna Tujuan Hidup Anda Terlepas dari anggapan anda tentang persepsi orang lain terhadap anda yang paling penting adalah karakter yang anda miliki. Karakter itu ciri khusus yang melekat pada diri sendiri ,carilah keberhasilan yang pernah anda raih,pilihlah aktivitas yang paling anda sukai dan anda kuasai selanjutnya wujudkan dalam upaya keberhasilan mewujudkan dalam karya . Maka tanpa anda sadari sesungguhnya betapa berartinya hidup anda.Jangan abaikan keberhasilan yang pernah anda raih karena rasa percaya diri dibangun dari kepercayaan bisa melakukan sesuatu. Kedua,Bangunlah Wawasan Anda Agar memiliki konsep diri yang positif maka diperlukan investasi yang dapat membangun pola pikir positif kepada diri sendiri investasi itu adalah menambah wawasan dan motivasi diri.Gunakan kesempatan untuk bisa mendemonstrasikan keahlian unik yang anda miliki,ikutlah organisasi ,banyak lah membaca buku buku motivasi ,temukan role model dan bila perlu ikuti seminar berkaitan dengan pengembangan diri. Ketiga ,Bersabarlah Kesabaran adalah bentuk sikap tidak tergesa –gesa dan tangguh dalam menjalani proses keberhasilan.Supaya citra diri bukan sekedar asal nampang tanpa isi maka anda perlu membangun kompetensi pribadi yang kokoh. Citra diri adalah reputasi kualitas perilaku anda secara berkesinambungan.fokuslah pada kompetensi inti yang anda miliki demonstrasikan fikirkan buat kemanfaatan orang lain dan anda akan diingat sebagai sosok yang memiliki reputasi kualitas pribadi. Keempat , Konsisten Dalam Ucapan dan Tindakan Dalam membangun citra diri anda tidak luput dari banyak rintangan dan tantangan,nah yang paling penting adalah menjaga konsistensi antara ucapan dan tindakan termasuk beradaptasi dalam perubahan keadaan .jangan sembarangan berjanji jika sulit menepati,jangan mengkhianati persahabatan demi keuntungan diri sendiri.Berupayalah menikmati setiap tugas /kewajiban secara bertanggung jawab ,serta jangan mempunyai keinginan berbuat curang terhadap orang lain. 

CITRA DIRI INSTRUKTUR 
Citra diri itu bukan kesan yang dibuat buat karena umurnya pasti akan sesaat ,Citra diri adalah reputasi mutu pribadi anda dalam keseharian.. Instruktur kursus adalah pelaku dan pemeran perubahan bagi masyarakat Indonesia, maka Instruktur kursus harus memiliki karakter dan kepribadian unggul yang patut diteladani peserta didiknya. 

1. KOMITMEN; bekerja dengan komitment total dengan selalu bekerja dengan sungguh-sungguh baik ada pengawasan atau tidak dan melakukannya dengan sabar dan ikhlas (tidak setengah-setengah).
2. ETOS KERJA; bekerja dengan etos kerja unggul berbasis produktifitas; selalu bekerja total dan akan melakukan segala macam cara yang benar dan memberdayakan semua sumber daya untuk menghasillkan output pendidikan yang berkualitas. 
3. BUDAYA KERJA; selalu menunjukkan budaya kerja smart work (kerja cerdas), Hard Talk (berbicara lantang dan tegas), Hard Think (selalu berfikir terus menerus untuk menemukan ide dan cara yang lebih baik, lebih efektif dan berdampak; tidak hanya mengikuti arus yang ada. 
4. BUDAYA KOMUNIKASI; selalu menjaga komunikasi dengan baik; berbicara dengan baik kepada semua orang, tidak membuat orang lain merasa tersinggung, atau merasa diremehkan. 
5. PENAMPILAN; senantiasa tampil terbaik sebagai reprensentasi citra keunggulan, citra kualitas, citra pribadi sempurna dan power full sebagai instruktur yang kompeten dan profesional.
6. KEPRIBADIAN; selalu menunjukkan sikap dan perilaku yang terhormat, perilaku professional yang santun, dewasa dalam perilaku dan bicara, memiliki standard sikap yang baik dalam segala situasi dan dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan instruktur atau mitra lainnya. 
7. PENINGKATAN MUTU DAN KAPASITAS PERSONAL; selalu breusaha tumbuh dan tambah dan terus menerus berusaha meningkatkan kapasitas dirinya melalui proses membaca buku, mengikuti seminar/workshop/lokakarya atau training-training untuk menjadikan dirinya dapat dikatakan layak menjadi instruktur kursus.
8. BUDAYA SOSIAL; selalu menjaga hubungan interaksi personal, menyenangkan, memberikan respon positif dan selalu menjaga tradisi organisasi yang sudah terbangun.
9. REFLEKSI SEBAGAI INSAN MULIA; selalu menjaga moralitas dan dedikasi dalam pekerjaan. Tidak hanya bekerja seadanya, selalu berusaha memberikan yang lebih baik, labih banyak dan lebih memberi dampak. 

2 komentar: